https://metroworldhost.com/partner/sponsor.php?sid=15322

6 kerugian memakai software bajakan


Artikel ini ditulis oleh Ihsan Nurul Iman pemilik blog INDOTIPSTRICKS.NET, blog yang membahas seputar informasi menarik, berita, dan tips serta trik.

Siapa di sini yang sering menggunakan software berbayar di komputernya? Beli license originalnya atau download bajakan tuh? Kalau masih memakai yang bajakan, lebih baik Anda hapus saja software-nya, pertama, developernya tidak mendapat keuntungan, dan lagipula ternyata masih banyak alternatif software-software berbayar tersebut yang open-source. Contohnya Internet Download Manager. Kita pasti tahu kalau download manager tersebut berbayar, tapi kita bisa menggunakan alternatifnya seperti EagleGet.

Di Indonesia, 70% orang menggunakan software bajakan dan 80% diantaranya tidak mengetahui bahwa software yang digunakan bajakan. Hal ini mungkin terjadi ketika kita membeli komputer si penjual sudah memasang berbagai perangkat lunak bajakan. Mulai dari Windows, Microsoft Office, dan sebagainya.

Tahukah Anda, ternyata memakai software bajakan (crack, patch, fake serial) banyak kerugiannya. Apa saja kerugiannya? Coba lihat di bawah ini.

Kerugian memakai software bajakan


1. Gangguan pop-up

Sekarang software seperti IDM sudah memberi perlindungan agar tidak bisa di-crack lagi. Sehingga, ketika Anda sedang memakai IDM yang bajakan, Anda akan mendapati tulisan Internet Download Manager has registered with fake serial number yang akan muncul berkali-kali, sehingga membuat Anda tidak nyaman.

Hal ini kadang terjadi pula di software bajakan lainnya.

2. Dipidana penjara atau didenda

Nah, kalau seandainya developer software tersebut memunculkan tim untuk menyergapi setiap komputer yang meng-install aplikasinya, lalu mengecek komputer Anda dan ketahuan memakai software yang palsu, maka kamu akan mendapatkan hadiah dari developer tersebut. Anda akan dipenjara semaksimal mungkin atau denda sebesar-besarnya, seperti yang dicantumkan pada Undang-undang Pasal 72 ayat 3 yang berbunyi:

 “Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program computer dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).”

3. Tidak bisa update software

Fitur untuk melakukan update otomatis tidak bisa Anda jalankan karena Anda masih memakai software bajakan, sehingga ketika ada notifikasi update versi terbaru, Anda tidak bisa meng-updatenya secara langsung. Anda harus menghapus software-nya di komputer Anda, lalu mencari website yang menyediakan software dan crack-nya lagi, di-install lagi, harus mematikan antivirus, lalu di-patch lagi, di kasih serial dan macam-macam. Repot banget kan? Mending beli license yang original!

4. Risiko besar komputer terserang virus

Nah memakai software bajakan memungkinkan untuk terkena virus, baik secara langsung atau tidak langsung. Biasanya gejala yang muncul seperti blue screen, komputer hang, lag, dan lain-lain. Kalau sudah semakin parah, bisa-bisa komputer kamu tidak dapat sama sekali dinyalakan.

Komputer terjangkit virus hingga bluescreen
Komputer terjangkit virus hingga blue screen.

Menurut data yang dilansir dari International Data Center (IDC) pada tahun 2013 lalu, satu dari tiga program bajakan yang ter-install di komputer dipastikan terkena malware.

5. Privasi terganggu

Selain terkandung virus, Anda juga memungkinkan mendapatkan spyware yang memasuki komputer Anda. Spyware biasanya terdapat pada patch atau crack. Jika sampai berhasil memasuki PC Anda dan menyergap ke bagian sistem, data-data pribadi Anda seperti data bank, kartu kredit, password akun sosial, dan lainnya bisa dicuri.

6. Tidak ada support

Ketika terjadi error pada software bajakan yang Anda pakai, Anda tidak bisa meminta sales support software tersebut untuk membantu menangani masalah Anda. Yang ada ketika Anda menghubunginya, Anda bisa ditindak lanjuti.

Satu lagi yang perlu Anda ketahui…

Membajak software itu tindakan kriminal

Untuk perihal ini, seharusnya semua orang sudah mengetahuinya. Karena software tersebut seharusnya dibeli, bukan malah dipakai secara gratis. Ini namanya tindakan pencurian. Yang namanya mencuri itu dilarang di agama manapun.

Jadi yuk sama-sama kita berusaha membeli program yang original, kalau belum punya cukup uang, Anda bisa tabung dahulu. Kalau memang tidak membeli sekaligus, Anda bisa membelinya sedikit demi sedikit, hingga nantinya tidak ada lagi software bajakan di komputer Anda.

Membeli software original tidak pernah rugi, malah Anda akan mendapat keuntungan jika memilikinya.

Jadi sudahkah Anda memakai software original?

» [note: Blog Ini Di Jual, Silahkan Hubungin admin] Thanks for reading 6 kerugian memakai software bajakan

0 Response to "6 kerugian memakai software bajakan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki hari di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .