https://metroworldhost.com/partner/sponsor.php?sid=15322

Guest blogging positif atau negatif

Guest blogging positif atau negatif  ?

Guest blogging positif atau negatif - Assalamualaikum sahabat kizeh , kali ini kita akan membahas sesuatu yang masih menjadi ambang pemikiran praktisi SEO dan blogger .

Guest blogging atau penulis tamu kerap dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan backlink untuk ranking dari websitenya . Sebenarnya kegiatan guest blogging ini sudah sangat lama ada , bahkan sebelum kizeh memulai aktivitas blogging kegiatan ini sudah lama berjalan .

Namun hari ini , aktivitas guest blogging ini kembali tren , bahkan ada banyak blog yang membahas tentang SEO sering membahas bahwa guest blogging adalah cara yang tepat untuk SEO . Tapi apakah itu benar menurut Search engine terbesar yaitu Google ? .

Masalah ini sudah sangat lama diperdebatkan dan menjadi simpang siur , tapi disini kizeh akan membahasnya hingga tuntas .

Terkait : Kontes SEO dilarang keras google , jangan sampai kena penalty !!

Sebenarnya untuk guest blogging , pihak google sudah lama mengatakan bahwa tindakan itu sangat dilarang , karena menurut google tindakan itu hanya murni mencari backlink dan termasuk tindakan memanipulasi SERP di google dan bisa disebut sebagai spam .

Pernyataan atas pihak google yang menyatakan bahwa guest  blogging ini sebagai spam bisa kita lihat dari video yang diunggah Matt Cuts ( Google Webspam Team ) di youtube dan juga di publish di blog priadinya .

1. Video pertama yaitu membahas tentang bagaimana Google melihat aktivitas guest blogging untuk mencari backlink . 



2. Video kedua adalah pernyataan bahwa google akan menindak lanjuti para guest blogging for link .


Bahkan , semakin seriusnya google terhadap pemain guest blogging . Google memperlihatkan aksi nyatanya pada sebuah website blogging network yaitu MyBloggerGuest.com pada 18 maret 2014 yaitu 2 bulan setelah video dari Matt Cuts tentang guest blogging itu sebagai spam di publish di youtube . 

MyBloggerGuest.com yaitu website yang memberikan fasilitas pada penggunanya untuk mempromosikan artikelnya untuk di publish di blog orang lain yang membutuhkan dengan tujuan sebagian besarnya backlink .


Tweet dari Matt Cuts yang menyatakan telah melakukan tindakan pada salah satu blog guest blogging
Tweet dari Matt Cuts yang menyatakan telah melakukan tindakan pada salah satu blog guest blogging


Pada gambar diatas yaitu sebuah tweet oleh Matt Cuts pada 18 maret 2014 ( 1 tahun lalu ) , yaitu google telah memberi pinalti pada website guest blog terbesar di dunia , yaitu MyBlogGuest.com .

Tweet dari Matt Cuts ini terbukti kebenarannya setelah di konfirmasi oleh pemilik dari MyBlogGuest.com yaitu Ann Smarty pada twitter nya :

Ann Smarty Tweet

Ann smarty menjelaskan , bahkan pada blognya yang sebenarnya tidak menganjurkan penggunanya untuk mencari backlink pada artikel yang di post di myblogguest.com , ternyata masih kena penalty oleh google webspam team .

Pencarian myblogguest



Gambar diatas yaitu penampakan setelah kizeh mencari di google dengan kata kunci myblogguest , dan hasilnya memang tidak ada domain dari myblogguest keluar .

Tapi untuk fanspage dari myblogguest masih ada dalam SERP , karena mungkin itu tetap berada pada domain facebook sehingga google tidak punya kuasa untuk melakukan deindeks . Untuk website dari myblogguest masih bisa dibuka dan masih jalan , tapi dengan tidak adanya pencarian organik myblogguest pada Google , tentu sangat mempengaruhi trafficnya .

Lalu bagaimana dengan blog blog lain yang termasuk jaringan dari myblogguest.com ? , apakah blog blog tersebut akan juga terkena dampak dari penalty google terhadap myblogguest ? Iyaa , jawabannya adalah iya . Ternyata tidak hanga myblogguest yang terkena dampaknya , blog blog yang berada pada lingkungan myblogguest.com juga terkena imbasnya , seperti ungkapan Matt Cuts di twitternya .


Blog yang berada pada lingkungan juga terkena dampak
Blog yang berada pada lingkungan juga terkena dampak

Pada gambar diatas , dapat kita kutipkan kalimat yang ini :

it can include blogs hosting guest post , sites benefiting from the link .

Artinya yaitu itu juga termasuk blog yang menampilkan artikel dari permintaan guest blog tersebut dan situs yang mendapat keuntungan dari link tersebut ( peminta backlink ) .

Kizeh juga mendapatkan pernyataan-pernyataan dari blogger yang memang merasakan dampak dari penalty google terhadap myblogguest tersebut yang membuat ranking blog mereka menurun .Dibawah ini salah satunya , kebetulan ini adalah twitt pertanyaan sebelum pernyataan matt cutss diatas ( @n2tech )  .

Konfirmasi dampak penalty


Dan masih banyak lagi publisher dari myblogguest memberikan pernyataan bahwa memang website mereka mengalami penurunan ranking pada SERP google .

Jadi ini bisa sebagai jawaban bagi yang bertanya seperti :

Itukan yang dibanned cuman yang pakai pihak ketiga seperti myblogguest.com , sedangkan yang melakukan guest blogging langsung antara pemilik blog tanpa pihak ketiga tidak akan kena .

Sebenarnya , yang diincar oleh google bukan si website networknya tapi sistemnya sehingga networknya juga kena dampaknya . Sistem guest blogging tersebutlah yang menjadi masalahnya , baik secara bersama ( network ) atau individu .

Karea google menyatakan bahwa alasan guest blogging menjadi bentuk spam yaitu karena link link yang bertebaran yang ditujukan untuk SEO dan memanipulasi SERP pencarian Google . Memang benar , sekarang tujuan para blogger melakukan guest blogging pada dasarnya yaitu untuk backlink , dan itulah yang dimaksud oleh google .

Question : Jadi , bagaimana cara menjadi guest blogger yang tidak terlihat hanya mencari sebuah link ?
Sebelum saya sendiri menjawab pertanyaan diatas , sebaiknya coba lihat video dari matt cuts yang memang kebetulan sama dengan pertanyaan diatas :



 Dari video tersebut memang lebih banyak sekali matt cuts membahas tentang low quality post , dan setelah kizeh melihat video secara full dan beranggapan bahwa guest blogging yang tidak disukai google adalah guest blog yang menebarkan link keluar dengan anchor text yang tidak beraturan dan berserakan dan semata mata untuk mencari backlink saja , yang memang banyak dilakukan oleh blogger .

Untuk Guest blogging yang baik adalah guest post yang memang memberikan informasi yang sangat relevan dan apabila ada anchor text yang mengarah keluar , itupun sangat relevan dengan konten yang sedang dibahas . Google mempunyai indeks kata yang sangat luas , sehingga setiap kata yang kita catumkan pada sebuah halaman website dapat diindentifikasi oleh google .

Kesimpulan , pendapat dan saran 

Munafik sekali rasanya ketika kita melakukan guest blogging dan tidak berharapan untuk mendapat link dari artikel tersebut .

Memang kita tidak memungkiri , bahwa dengan guest blogging kita bisa mendapatkan backlink dan bisa mendongkrak ranking kita pada Google . Tapi apakah harus dengan guest blogging yang menebarkan link spam dan sebenarnya menganggu pembacanya sendiri ? .

Pada video terakhir , Matt cuts menjelaskan sebenarnya guest blogging itu dibolehkan , asal guest blogging tersebut tidak semata mata untuk mencari backlink saja , tetapi guest blogging yang memang murni memberika informasi kepada pembaca  .

Saran kizeh , jika sahabat memang ingin melakukan guest blogging , lakukanlah dengan hanya semata mata mencari brand atau authority , sehingga bermanfaat bagi brand website anda dikenal oleh pembaca, ini juga kizeh dapatkan dari kutipan blog matt cuts , pada gambar dibawah ini :


Pada gambar diatas jelas yang dimaksud oleh Matt cuts , yaitu guest blogging yang dilarang oleh google yaitu guest blogging yang semata mata mencari backlink untuk SEO . Sedangkan guest blogging yang dibenarkan yaitu guest blogging yang bertujuan murni memberika informasi dan branding .

Niatkan guest blogging untuk saling berbagi informasi tanpa niat tersembunyi yaitu mencari backlink , memang susah untuk memantapkan niat itu , tapi itulah yang harus kita lakukan .

Memang kejadian yang kizeh lampirkan pada artikel ini terjadi pada 1 tahun yang lalu , tapi tidak tutup kemungkinan webspam team dari google akan melakukan tindakan yang lebih berskala besar lagi ? , tentu itu bukan tindakan yang susah bagi google .

Untuk sekarang , kizeh lebih menyarankan teknik SEO onpage ketimbang Offpage , apalagi semenjak updatenya Algoritma Panda 4.2 dari google , yang memberikan gambaran bahwa semakin gencarnya google memperbaiki algoritmanya .

Terkait : Cara memaksimalkan SEO on-page 

Bukan berarti teknik SEO offpage itu sekarang dilarang , tapi kurangilah dan jangan terlalu berlebihan , terutama backlink yang memang sangat sensitif atas ranking kita di google .

Terima kasih

Gambar : Pixabay( StartUpStockPhotos )

» [pengen template blog ini gratis? Hubungin admin] Thanks for reading Guest blogging positif atau negatif

3 Responses to "Guest blogging positif atau negatif"

  1. apakah maksud dari guest blogging ini adalah blogwalking atau sekedar koment atau kita menjadi penulis tamu, soal ini saya sih masih simpang siur dalam dunia blogging

    mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan sahabat fajar , tapi guet blogging ini dalam bahasa indonesianya bisa disebut penulis tamu . Pikir simpelnya seperti ini : kita mengirimkan artikel untuk blog lain dan blog itu mempublishnya , dengan imbalan backlink .

      Sebenarnya gak harus ada imbalan backlink , makanya itu yang saya bahas disini . Orang banyak melakukan guest blogging hanya untuk mendapatkan backlink saja , itu yang dijadikan spam oleh google .

      Pada artikel saya ini , pada kesimpulannya , guest blogging boleh , asalkan relevan dan tidak mengandung link sampah yang hanya bertujuan meningkatkan ranking . Tapi guest blogging lah untuk tujuan branding , itu baru high quality guest blogging .

      Hapus
  2. Menjadi penulis tamu memeberi pengalaman yang berbeda, saya sendiri pernah jadi penulis tamu

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .