https://metroworldhost.com/partner/sponsor.php?sid=15322

Apa itu website ( pengertian , sejarah dan jenis jenisnya )

Apa pengertian , sejarah website itu dan jenis jenisnya

Apa pengertian , sejarah website itu dan jenis jenisnya  - Assalamualaikum sahabat kizeh , website sekarang sudah tidak menjadi bahan obrolan sehari hari . Sebuah survey juga menyatakan bahwa 80% informasi yang terdapat pada internet itu disebarkan dari layanan website . Lalu apakah kita sebenarnya sudah paham dengan apa itu website atau hanya sekedar tau tau saja dan menggunakannya  ?

Terkait : Cara bikin website gratis

Pengertian , arti atau definisi website 


Website adalah  keseluruhan halaman halaman web yang terdapat dari sebuah domain yang mengandung informsasi - materi dosen kuliah 

Website biasanya terdiri dari beberapa halaman web yang saling berhubungan  . Hubungan antara halaman satu dan halaman lainnya disebut sebagai hyperlink . Sebuah website dapat diakses melalui softaware seperti browser , seperti mozila , google chrome , safari dan opera .

Untuk mengakses website kita harus terkoneksi internet dan tentunya ada sesuatu lain yang membuat website itu bisa berjalan , yakni salah satunya yang paling utama HTML ( Hyper Text Markup Language ) yang ditemukan oleh Tim Barners Lee pada 1989 .

Tim Barners Lee adalah seorang staff ahli di CERN ( Consil European Pour la recherce Nucleaire ) sebuah instansi penelitian yang terletak di Swiss . HTML yaitu merupakan bahasa resmi pemograman untuk membuat sebuah website .

Website seperti sudah menjadi kebutuhan primer karena tingkat kebutuhan akan website terus meningkat . Dahulu , website digunakan hanya sebagai sarana informasi , tapi sekarang website tidak hanya sebatas media informasi namun juga media untuk belajar , berbisnis dan berkomunikasi .

Aplikasi internet berbasis web yang bisa dinikmati : 

  • E - Learning , dengan  website e-learning proses belajar mengajar akan sangat mudah . Bahkan dengan website e-learning proses belajar mengajar tidak perlu harus dalam ruangan kelas . Sudah banyak sekarang sekolah sekolah yang menerapkan e-learning ini .
  •  E - Commerce / E - business , sekarang dalam berbisnis tidak harus menyewa tanah dan toko . Dengan adanya website lahir sebuah sebutan untuk toko online , dimana proses jual menjual berada pada website . Keunggulan dari e - commerce ini adalah pasar yang lebih luas hingga mencapai seluruh pelosok yang terkoneksi internet . Contoh dari e - commerce yaitu Shopious .
  • E - Banking , Ini adalah layanan dari website yang sering kizeh gunakan . Kizeh sangat terbantu dengan adanya layanan ini , jadi tidak perlu ke ATM untuk melakukan aktivitas seperti transfer , kecuali ambil uang ya hehe . 
  • E - Government , layanan ini sangat membantu pemerintah dalam melakukan tugas tugasnya untuk mengayomi masyarakat .
  • E - Social , Ini paling banyak digemari orang-orang . Dengan layanan ini kita bisa saling berkomunikasi jarak jauh dengan cepat dan murah , contoh facebook .
  • E - News , layanan ini sangat informatif . Layanan ini bertujuan untuk memberikan berita secepat mungkin dan lengkap , contoh seperti news portal merdeka , yahoo dan masih banyak lagi .
Istilah pada website:

- www , ini adalah metode untuk menampilkan informasi pada internet yang bisa kita akses pada browser .

- Halaman web , sekelompok informasi yang ditampilkan pada browser ( bagian dari website ) dan diakses dengan berbagai URL .

- URL , ini adalah alamat lengkap dari sebuah informasi yang diakses pada browser . Contoh : http://www.kizeh.com/2015/06/cara-bikin-website-gratis-sendiri.html .

http , yaitu protokol yang digunakan sebagai komunikasi antara browser dengan server .
www , melambangkan layanan web .
kizeh.com , domain dari website tersebut .
/2015/06/cara-bikin-website-gratis-sendiri , folder file ( database ) dari web tersebut .
.html , bahasa program yang membentuknya .

Terkait : Kenapa harus memakai domain TLD berbayar

- Situs web ( website ) , kumpulan dari beberapa halaman web hingga menjadi satu .

- Homepage , halaman web pertama yang akan muncul ketika kita mengakses domain utama dari sebuah website .

- Domain , nama unik yang dimiliki semua website yang berfungsi sebagai alamat sebuah website  .

Sejarah website 

1. Web 1.0  ( 1989 - 2000 ) 

Pada masa ini ciri cirinya yaitu halaman website masih statis . Butuh pemahaman bahasa program web untuk mengubah dan membuat website tersebut , tetapi tujuannya untuk memebrikan informasi masih tetap tercapai.

Masih murni dalam penggunaan bahasa HTML saja ( tidak ada CSS atau lainnya ) , jadi pengunjung hanya bisa browsing dan read saja  sehingga terjadinya kekurangan interaksi antara pemilik website dengan pengunjung .

2. Web 2.0 ( 2001 - 2010 ) 

Pertama dikenalkan oleh O'really pada tahun 2003 dan dipopulerkan pada 2004 . Pada masa ini website sudah bisa mendukung fasilitas seperti photo sharing , blog , video sharing , media sosial , sehingga tercipta hubungan yang kompleks antara pemilik website dengan pengunjung .

Teknologi ajax dan berbagai plug-in sudah tersedia sehingga website bisa menjalankan aplikasi layaknya aplikasi desktop seperti drag n drop , persentasi dan pengolah kata seperti google docs .

3. Web 3.0 ( 2011 - Sekarang ) 

Sebenarnya konsep dari web 3.0 ini sudah diperkenalkan oleh Tim Barners Lee pada 2001 . Pada artikelnya dia menulis bahwa pada masa datang mesin pun akan bisa menbaca halaman halaman web , mungkin seperti yang kita temu sekarang yaitu Search Engine .

Penekanan pada web 3.0 ini juga pada pencarian data yang dimana manusia bisa berkomunikasi dengan mesin . Dimana user bisa memberikan perintah kepada mesin untuk mencari web lainnya sehingga tidak mengahbiskan waktu memeriksa website satu per satu , ya seperti Search Engine .

Jenis - jenis website  

 Berdasarkan sifat :

+ Website dinamis 

Website ini mengandung konten konten yang dimana halamannya bisa berubah ubah setiap saat . Contoh website dinamis ini seperti merdeka , yahoo news dan lain lain.

+ Website Statis 

Website ini tidak mengandung konten konten dan jarang diubah , biasanya digunakan untuk keperluan pengisian data mahasiswa pada kampus dan lain lain . Untuk mengubah halaman setiap website ini diperlukan kemampuan teknis bahasa program web .

Berdasarkan tujuannya :

+ Personal web

Website pribadi yang berbentuk dinamis yang berisi konten konten yang ditulis oleh si pemilik . Web personal ini biasa disebut Blog .

+ Coorporate web 

Website untuk perusahaan . Biasanya mengandung informasi seputar perusahaan tersebut dan untuk promosi atau pemasaran produk produk mereka .

+ Forum web

Website yang digunakan untuk sarana diskusi tentang sesuatu secara spesifik atau secara umum , contoh seperi forum kompas dan masih banyak lagi .

Terkait : Cara mudah membuat forum gratis di blog

Berdasarkan sesi pemograman :

+ Server side 

Dimana website tersebut menggunakan bahasa pemograman yang tergantung pada server untuk menerjemahkan bahasa bahasa tersebut . Bahasa program server side : PHP , ASP dan lainnya .

+ Client side

Website yang bisa diakses hanya melalui sisi client saja , jadi tidak tergantung kepada server . Bahasa program client side : HTML , JavaScript dan lainnya .

Manfaat website 

Sudah terasa sekali manfaat dari website ini . Mulai dari orang awam sampai kepada developer developer yang ada dibelakang website itu sendiri . Bahkan minimal dalam 1 hari itu seseorang akan membuka sebuah halaman website untuk beragai keperluan seperti informasi .

Sekarang juga hampir semua beralih dari yang offline ke online ( website ) , seperti bisnis ( toko online ) , surat menyurat ( email )  . Berikut manfaat yan kizeh jabarkan :


1. Media untuk mempromosikan atau memperkenalkan sebuah instuisi yang baru merintis atau sudah lama . Dengan adanya internet proses pengenalan dan promosi sangat mudah sekali dan cepat , terbukti karena pengguna internet yang hampir 80% orang didunia .

2. Media untuk berkomunikasi , contohnya media sosial yang bisa mendekatkan orang yang sebenarnya secara geografis sangat jauh . Sekolah juga merasakan manfaat dari website ini , jadi sangat mudah untuk mengumumkan sesuatu , tinggal di update di website resmi sekolah .

3. Media untuk saling bertukar informasi , seperti forum forum yang beredar saat ini .

Kesimpulan 

Sekarang penggunaan web hampir 90% berbasis layanan web . Sudah banyak sekali manfaat yang suda terasa . Jadi tinggal kita yang menentukan , akankah kita mengambil efek positif dari web tersebut atau mengabaikannya dan menjadi orang yang rugi sekali . 

Terima kasih 

Gambar : Pixabay ( 944010 )

» [pengen template blog ini gratis? Hubungin admin] Thanks for reading Apa itu website ( pengertian , sejarah dan jenis jenisnya )

0 Response to "Apa itu website ( pengertian , sejarah dan jenis jenisnya )"

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .