https://metroworldhost.com/partner/sponsor.php?sid=15322

7 Tips pulang kampung aman sampai tujuan

7 Tips pulang kampung aman sampai tujuan

Tips pulang kampung aman sampai tujuan - Assalamualaikum , tidak terasa lebaran ( hari kemenangan ) segera datang . Bahagialah bagi umat islam yang menunaikan ibadah puasa full , akan terasa sangat puas dan bahagia ketika hari lebaran .

Hari lebaran juga menjadi waktu silahturahmi dengan keluarga . Banyak sekali yang mudik atau pulang kampung dikarenakan mereka adalah perantauan dan memiliki rumah asal atau disebut kampung halaman .

Tapi banyak sekali kecelakaan yang terjadi , apa itu mereka yang menaiki mobil ataupun motor . Kondisi fisik juga mempengaruhi perjalanan sahabat .

Tips pulang kampung aman sampai tujuan 

1. Pastikan fisik mampu 

Ini yang pertama kali dan sangat dianjurkan . Banyak orang yang memiliki kampung halaman sangat jauh tapi memilih jalir darat sebagai destinasinya . Pastikan dahulu apakah fisik sahabat sudah mampu untuk perjalanan itu . Untuk itu pastikan minimal istirahatlah sehari sebelum hari perjalanan menuju kampung halaman .

2. Obat obatan

Fisik sudah terasa mampu , tapi itu belum menjamin kita tidak terkena penyakit pada saat perjalanan . Dasarnya saja , apabila kita berangkat dengan keluarga , pastikan membawa obat pusing perjalanan atau minyak kayu putih untuk orang yang merasa mual akan perjalanan yang berliku - liku .

Resiko kecelakaan pun tidak dapat kita hindari , makanya bawalah obat-obatan seperti obat luka , karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita pada saat perjalanan .

3. Pastikan keamanan kendaraan 

 Bagi yang memilih perjalanan menggunakan jalur darat seperti menggunakan motor atau mobil , pastikan kendaraan yang sahabat gunakan sudah aman dan sudah dipastikan semua bagiannya dalam kondisi sempurna .

Rem sangat penting , jadi pastikan betul apakah rem yang digunakan pada kendaraan kita masih dalam keadaan layak guna .

Bagi yang menggunkaan mobil jangan lupa untuk membawa air radiator , karena dengan perjalanan yang panjang , mesin akan lebih panas dan haus .

4. Bawalah ponsel beserta chargernya 

Tidak menutup kemungkinan kita tersesat atau ada keadaan genting yang menimpa kita .  Pastikan selalu bawa ponsel beserta chargernya . Sekarang sudah ada yang namanya power bank yang memudahkan kita untuk mengisi daya batre ponsel .

Juga pastikan bahwa ponsel yang kita bawa itu memiliki pulsa , percuma saja kita membawa ponsel yang tidak ada pulsannya .

Lalu pastikan berikan nomor sahabat kepada tetangga atau kerabat lainnya , ini betujuan supaya tetangga bisa mengabari anda ketika rumah anda ada masalah . Bagi yang tidak punya rumah abaikan hehe .
 au
Catatlah nomor nomor penting seperti nomor saudara pada ponsel anda . Percuma kalau ponsel sudah ada tetapi kontak yang ada tidak penting semua . 

5. Bawa makanan secukupnya 

Perjalanan yang jauh akan menyita tenaga yang sangat banyak . Jangan lupa untuk membawa makanan yang cukup . Bagi yang menempuh perjalanan jauh melebihi 100km , kizeh pernah belajar , bahwa puasa boleh diganti dengan hari lainnya . Bagi yang merasa masih sanggup untuk puasa berpuasa lah, karena berpuasa di bulan puasa itu lebih baik .

 6. Tentukan waktu berangkat yang tepat 

Belajarlah dari pengalaman , jika sebelumnya sahabat sudah pernah pulang kampung maka itunglah berapa lamanya perjalanan yang ditempuh pada saat pulang kampug.

Sesuaikan waktu yang pernah sahabat lalui dengan perjalanan sahabat saat ini , pastikan tidak terlalu melangkaui jadwal shalat . Pastikan juga waktu berangkat tidak terlalu malam jika sahabat memilih pergi pada saat malam .

Apabila sahabat berangkat pada waktu zuhur , pastikan pada waktu zuhur jama; langsung dengan shalat ashar . Karena pada ibadah shalat kita diberi kemudahan .

7. Jangan kebut kebutan , utamakan selamat bukan wafer selamat

Banyak sekali mudiker yang  ingin cepat tiba di kampung halaman , maka dari itu tidak sedikit yang membawa kendaraan secara ugal ugalan . Ingat , percuma kita cepat sampai di kampung halaman tapi dengan keadaan tidak bernafas atau tidak utuh.

Jangan paksakan untuk memacu mobil yang ada di depan , apalagi mobil truck atau mobil besar lainnya , pastikan betul kalau memang di depan sudah aman barulah kita pacu dengan membunyikan klason pertama dahulu biar yang di depan tahu kalau kita ingin memacu kendaraan .


Kesimpulan 

Selalau perhatikan sesuatu yang mungkin bisa menghambat perjalanan sahabat ke kampung halaman . Jangan biarkan diri sahabat terluka pada saat perjalanan agar tidak merepotkan orang dirumah hehe . Salam buat keluarga dari kizeh .

Terima kasih

Gambar : Pixabay ( hermann )  

» [note: Blog Ini Di Jual, Silahkan Hubungin admin] Thanks for reading 7 Tips pulang kampung aman sampai tujuan

0 Response to "7 Tips pulang kampung aman sampai tujuan "

Post a Comment

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki hari di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .