https://metroworldhost.com/partner/sponsor.php?sid=15322

Hati-hati tukar link berdampak negatif !

 Hati-hati tukar link


Hati-hati tukar link berdampak negatif !


Bertukar link atau juga dikenal sebagai link exchange dahulu sangat trend dilakukan dan dianggap cara yang paling ampuh untuk mendapat baclink . Tapi sekarang cara itu sudah banyak ditinggalkan blogger yang sudah pintar dan mengetahui dampak buruknya, yang sudah jelas di katakan oleh google di google support , baca disini .

Tukar link atau link exchange yang dimaksudkan artikel ini seperti tukar link banner sesama blog , bisa dipasang di footer atau dibuat halaman khusus untuk bertukar link ( interconnect ) . Kizeh dahulu juga telah membenarkan backlink interconnect ini di artikel sebelumnya tanpa mengetahui dampaknya . Tapi tenang saja , kizeh telah up to date kok .


Hati-hati tukar link berdampak negatif !
Klik untuk memperbesar


Tapi masih banyak blogger yang masih menggunakan teknik ini , terutama untuk blogger baru . Bahkan blogger lama pun masih ada yang memakai teknik ini .

Kizeh sendiri pun telah pernah memakai teknik ini , dan selalu di optimasi di setiap artikel di kizeh . Tapi , semenjak kizeh terus belajar dari internet , ternyata bertukar link atau link exchange itu memang sudah sangat kuno dan kurang efektif , bahkan bisa berdampak buruk.


Alasan dan contoh tukar link berdampak buruk 

1. Banyaknya blogger yang bertukar link dengan blog yang tak sejenis temanya . Bahkan tidak ada hubungannya sama sekali . Sehingga tampak tidak profesional , sedangkan di mata google , blog akan diaanggap spamming.

2.  Apabila link menuju ke blog yang berkualitas rendah dan tidak jelas isinya , bahkan blog tersebut bersifat spamming , maka blog kita akan terkena imbasnya.

3. Dianggap blogger pemula oleh blogger pro lainnya , karena cara ini memang telah banyak ditinggalkan para blogger pro lainnya .

Ketiga diatas adalah dampak buruk yang bakal terjadi apabila kita bertukar link . Tapi setelah kizeh pahami maksud dari google tersebut , yang bisa dilihat dari tulisan ini .


Hati-hati tukar link berdampak negatif !
Klik untuk memperbesar


Disana tertulis "beberapa webmaster" dan "tidak mengindahkan kualitas tautan" . Disana hanya disebutkan beberapa saja yang tidak mengindahkan . Jadi apabila link yang kita share bertema sejenis dengan blog kita dan mengandung banyak informasi di dalamnya , maka itu sangat baik , seperti yang telah kizeh sebutkan di "Cara dan teknik memaksimalkan SEO onpage yang benar dan akurat" pada bagian outbound link , disana kizeh mengatakan sebenarnya website itu memang saling berkaitan , makanya ada kata "web" yang berarti jaring ( saling terikat ) . Makanya judul artikel ini kizeh buat dengan kata "Hati-hati" .

Tapi !! , ada tapinya . Tautan/link yang bagus juga bukan dari tukar link exchange seperti membuat halaman khusus untuk bertukar link . Tapi bertukar link bisa dalam bentuk review atau mentautkan outbound link di dalam artikel kita ke blog yang juga mempunyai informasi tambahan tentang artikel yang sedang kita bahas .

Kesimpulan 

Lakukanlah semua tindakan SEO yang wajar atau white hat yang disarankan oleh google sendiri . Ingat ! , kita melakukan SEO untuk ditemukan oleh search engine , terutama Google . Jadi apa yang membuat kita melakukan semua yang di larang google ? .

Jadi bertukar link tidak selalu salah , apabila dilakukan dengan benar sesuai anjuran kizeh dan google diatas ( dalam bentuk review atau saling melengkapi informasi ) .


Link yang bersifat negatif 

- Link yang dimaksudkan untuk memanipulasi peringkat laman .
- Link yang menuju ke spammer seperti yang kizeh bilang tadi atau lingkungan buruk di web.
- Pertukaran link yang berlebihan ( Tukar link yang membuat halaman khusus untuk bertukar link ).
- Tindakan jual beli link .


Link yang bersifat pofitif

- Link yang unik dan relevan dengan artikel atau tema kita.
- Link yang bersifat menambah wawasan seputar tema yang kita bahas.

Anjuran google seputar tautan/link

Demikian sahabat kizeh , semoga dapat memberi informasi yang berguna bagi sahabat semua . Jangan lupa berkomentar , budayakan blogwalking dan jangan lupa share ke media social sahabat dan +1 nya , like facebook juga boleh .

Terima kasih

Gambar : Dokumentasi pribadi




» [pengen template blog ini gratis? Hubungin admin] Thanks for reading Hati-hati tukar link berdampak negatif !

10 Responses to "Hati-hati tukar link berdampak negatif !"

  1. Wah beruntung saya tidak pasang link exchange. Makasih infonya sangat bermanfaat. 1 lagi ditunggu kumbalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sahabat pangky , sama-sama . Sip ;) , pantau aja terus sahabat pangky .

      Hapus
  2. Mungkin ini penyebab blog saya makin jelek dimata google..makasih penjelasanya gan..

    Salam admin satriyoku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sahabat satriyo , google pun telah menyerukannya . Terima kasih telah berkunjung ;)

      Hapus
  3. Thanks mas infonya... untung saya gak pernah tukar link...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sama sahabat satrio , alhamdulillah . Terima kasih telah berkunjung :) .

      Hapus
  4. Mantap sekali om kizeh, saya jadi semakin berhati-hati dalam melakukan optimasi, banyak yang dikira sebagai metode mujarab malah menjadi ranjau diri sendiri, ingin nulung malah nyemplung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha saya masih muda sahabat , jangan bilang om-om :3 . Iya mas kita harus selalu berhati-hati (y) . Terima kasih telah berkunjung

      Hapus
  5. waduh ternyata ada dampak negatifnya ya, ane hapus aja deh page tukar link dari blog ane,
    thanks gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sahabat windra , sama-sama . Terima kasih kunjungannya ;)

      Hapus

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .